Minggu, 06 Maret 2016

Pendewasaan Usia Perkawinan Sangatlah Penting Bagi Remaja Dan Anak Muda Indonesia, Katakan tidak untuk Pernikahan dini

Assalamualaikum Wr.Wb, Hia teman dimanapun kalian berada?
Saya harap baik baik saja ya..

Oke, sesuai judul diatas kali ini saya akan menjelaskan ke teman-teman Kenapa sih Pendewasaan Usia Perkawinan itu Sangatlah Penting Bagi Remaja dan Anak Muda Indonesia, khususnya kita sebagai generasi penerus bangsa indonesia? Karena pendewasaan diri itu sebelum ke jenjang pernikahan harus dipersiapkan dengan matang, alasannya karena banyak faktor ataupun dampak negatif baik mental maupun fisik yang terjadi kalau pendewasaan usia perkawinan itu tidak dilaksanakan atau dipersiapkan dengan tepat dan matang, karena akan memicu banyak permasalahan seperti ketidak harmonisan, ketidak cocokan, tanggung jawab yang kurang, Kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) dan bagi perempuan berisiko tinggi terhadap kematian saat melahirkan, dan pertikaian sampai berujung ke perceraian.

Bagi perempuan yang masih usia 15-19 tahun memiliki kemungkinan dua kali lebih besar meninggal saat melahirkan ketimbang yang berusia 20-25 tahun, sedangkan usia di bawah 15 tahun kemungkinan meninggal bisa lima kali lebih besar.

Perempuan muda yang sedang hamil, berdasarkan penelitian akan mengalami beberapa hal, seperti akan mengalami pendarahan, keguguran, dan persalinan yang lama atau sulit. Kondisi inilah yang menyebabkan ibu yang akan melahirkan bisa meninggal.
Sedangkan dampak bagi bayi, kemungkinannya adalah lahir prematur, berat badan kurang dari 2.500 gram, dan kemungkinan cacat bawaan akibat asupan gizi yang kurang karena ibu muda belum mengetahui kecukupan gizi bagi janin, di samping ibu muda juga cenderung stres.

Pernikahan dini di lingkungan remaja cenderung berdampak negatif terhadap alat reproduksi, mental, dan perubahan fisik.
Di sisi kesehatan, pernikahan dini akan merugikan alat reproduksi perempuan karena makin muda menikah, semakin panjang rentang waktu bereproduksi.

Maka dari itu pendewasaan usia perkawinan itu penting dan harus dilaksanakan dengan baik. Dan disinilah muncul yang namanya program GENRE dari BKKBN yaitu program 'Generasi Berencana' yang setidaknya membantu masyarakat baik yang muda maupun tua agar mengerti bagaimana supaya menciptakan keluarga yang harmonis.
Lalu apa itu pernikahan dini? pernikahan dini adalah pernikahan yang dilakukan oleh salah satu pasangan yang memiliki usia dibawah umur yang biasanya dibawah 17 tahun, baik laki-laki maupun perempuan yang belum siap mental maupun fisik. Yang sebaiknya harus dicegah dan dihindari. Hal ini disebabkan emosi yang masih labil, gejolak darah muda, dan cara pola pikir yang belum matang. Di samping ego yang tinggi dan kurangnya tanggung jawab dalam kehidupan rumah tangga sebagai suami-istri.

Lalu berapakah usia ideal Nikah? Usia Ideal Nikah untuk Laki-laki adalah di atas 25 Tahun, dan untuk Perempuan di atas 21 Tahun.
Pendewasaan Usia Perkawinan itu jika dilaksanakan pada usia ideal dan tepat, akan membawa banyak kesenagan, kebahagiaan bagi keluarga dan pasangan dalam jangka panjang.

Sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar